Perenungan

Dari 4 Temperamen ini, kamu termasuk tipe yang mana?

Dari 4 temperamen, sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis, sudah menjadi sangat familiar, bahkan sering menjadi bahan pembahasan tentang karakter dan kepribadian manusia. Konsep 4 temperamen ini disebut sebagai teori proto-psychology, karena memang sudah ada sebelum ilmu psikologi ada. Adalah Galen Claudius, seorang filsuf dan ahli pengobatan pada zaman kekaisaran roma yang menjadi orang pertama yang mengemukakan konsep ini.

Saya selalu berpendapat bahwa manusia tidak mungkin hanya bisa digolongkan menjadi 4 macam, apalagi dengan kehebatan pikiran dan perasaannya. Jadi ketika membaca hasil tes temperamen ini sesungguhnya tidak ada manusia yang murni koleris, murni sanguinis, murni melankolis, atau murni phlegmatis. Empat temperamen ini bukan berbicara tentang empat tipe manusia, tetapi berbicara tentang empat sifat yang ada di dalam satu orang manusia. Satu orang memiliki keempatnya, hanya perlu dilihat mana sifat yang lebih dominannya.

Dalam tes 4 temperamen ini diharapkan mendapatkan hasil yang komprehensif pada akhirnya. Hasil tes 4 temperamen dapat dibaca diberbagai literatur atau artikel, dimana dapat menganalisa kepribadian dari karakter yang dominan. Masing-masing tipe temperamen memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kamu diharpakan menemukan apa yang baik dan sebaliknya. Penting untuk mengetahui titik kuat dan lemahmu untuk menjalani kehidupan yang sesuai dengan kepribadianmu.

Mengikuti tes temperamen juga dapat membantu pekerjaan dan profesi kamu. Kepribadianmu akan sanagt memengaruhi kehidupan bisnis atau pekerjaanmu juga. Jadi, cerdaslah untuk mengenal siapa dirimu dan apa karakteristikmu sebelum memilih dan menjalani pekerjaan.

Empat tipe temperamen menentukan kecenderungan seseorang untuk berperilaku dengan cara tertentu dan bagaimana mereka memandang kehidupan. Selain temperamen, ada juga kategori seperti karakter, kepribadian, dan lainnya yang saling terkait erat. Tapi bagaimana caranya? Bagaimana kamu menentukan tipe temperamenmu sendiri atau orang lain? silahkan coba tes 4 temperamen dibawah ini.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/k4138906/public_html/rullymujahid.com/wp-includes/functions.php on line 5107