Pengalaman

6 TIPS PERAWATAN DIRI UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK

Tips perawatan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, beberapa orang merasa sulit untuk mengikuti beberapa rutinitas perawatan diri atau self-care, entah karena tidak tahu apa yang perlu dilakukan, atau karena terlalu sibuk sepanjang waktu, sehingga terus menunda rencana perawatan diri untuk nanti.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan kesejahteraan Anda, dan ternyata sangat mudah dilakukan. Meskipun perawatan diri bervariasi tiap orang, aspek-aspek tertentu berfungsi sebagai dasar perawatan diri seperti mengurangi stres, makan lebih baik, dan cukup tidur.

Jadi, jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, mungkin bisa ikuti cara sederhana enam tips perawatan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, secara fisik maupun mental.

  1. Buat rutinitas tidur

Apakah Anda memiliki waktu yang konsisten dan cukup untuk tidur? Mempraktikkan perawatan diri lebih mudah saat Anda membuat rutinitas karena secara mental mempersiapkan Anda untuk melepaskan diri dari beban rutinitas sehari-hari.

Jika Anda merasa sulit tidur, cobalah membuat rencana yang mempersiapkan Anda untuk waktu tidur. Minum air putih sebelum tidur atau membaca buku untuk melepas penat adalah beberapa hal yang bisa Anda coba, hindari menggunakan ponsel atau gadget Anda. Ada pendapat yang mengatakan bahwa meredupkan atau mematikan lampu sebelum tidur berfungsi dengan baik, karena memberi sinyal pada otak Anda untuk mulai memproduksi melatonin, hormon tidur. Tip ini berfungsi dengan baik terutama jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer.

  1. Makan secara mindfulness

Apakah Anda memperhatikan apa yang Anda makan? Meskipun berolahraga selalu disebutkan dalam artikel perawatan diri, namun apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh juga sama pentingnya. Terlepas dari bagaimana hal itu memengaruhi fisik Anda, hal itu juga dapat berperan dalam kesehatan mental Anda.

Anda bisa bayangkan, 100 juta sel saraf yang melapisi saluran pencernaan Anda yang terus berkomunikasi dengan otak Anda. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2017, radang usus mungkin menjadi salah satu penyebab masalah seperti stres, kecemasan, dan depresi. Pada akhirnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menjadikan makan lebih baik agar merasa lebih baik, daripada hanya untuk terlihat lebih baik.

Young traveler backpack to travel. Freedom life and relaxation travel outdoor enjoying nature with sunrise.
  1. Buat dan terapkan batasan

Apakah Anda menetapkan batasan dengan teman atau orang lain? batasan ini dibuat terutama sebagai pengingat bahwa Anda harus menjaga diri sendiri terlebih dahulu, berfungsi sebagai pedoman bagi orang lain juga tentang bagaimana mereka harus mendekati dan memperlakukan Anda.

Sementara beberapa orang mungkin salah meyakini bahwa ada batasan untuk dengan sengaja mengecualikan tipe orang tertentu dari hidup Anda, itu tidak benar. Meskipun pada akhirnya mungkin akan melakukan itu, hal tersebut dapat menyelamatkan Anda dari banyak tekanan emosional atau mental dan akan membantu membina hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

  1. Keterhubungan dengan ponsel atau gadget

Putuskan Apakah Anda selalu terhubung ke komputer atau ponsel Anda? mungkin sulit dilakukan, terutama dengan seberapa banyak pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda mengharuskan untuk online setiap saat, tetapi meluangkan waktu untuk memutuskan sambungan penting untuk kesehatan mental Anda.

Perilaku Anda menggulir ponsel untuk melihat berita, media sosial, atau karena pekerjaan, melihat layar dalam waktu lama tanpa henti adalah kebiasaan yang tidak sehat. Inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu offline juga. Mungkin, Anda bisa berjalan-jalan, melakukan yoga, atau melakukan hobi. Apa pun itu, terputus dari layar Anda dari waktu ke waktu dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres.

  1. Atur lingkungan sekitar

Lingkungan luar dan dalam , seperti apa ruangan Anda? Lingkungan di sekitar Anda dapat berpengaruh pada kesehatan mental Anda. Para peneliti telah menunjukkan bahwa rumah yang tidak teratur sebenarnya dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan penambahan berat badan. Jadi jika Anda mendapati diri Anda dikelilingi oleh banyak kekacauan dan kekacauan, mungkin inilah saatnya untuk mulai mengatur hal-hal di sekitar Anda.

Gunakan cara Marie Kondo dengan melihat apa yang memicu kegembiraan atau hanya memilah-milah barang Anda satu per satu, Anda dapat mulai mengambil langkah untuk menciptakan lingkungan yang lebih rapi dan bersih untuk diri sendiri dan kesehatan mental Anda.

  1. Lakukan sesuatu yang Anda suka

Apakah ada hobi yang Anda sukai? mungkin hanya dengan menari mengikuti musik favorit sambil menggunakan masker wajah, terpikir itu murahan, tapi intinya adalah melakukan sesuatu yang menyenangkan buat diri Anda. Karena Bahagia itu sederhana.

Pada akhirnya, perawatan diri adalah tentang Anda, bagaimana Anda menjadi nyaman dan bahagia. Baik itu membaca buku, atau berlari, selama Anda tidak merugikan diri sendiri atau orang lain, bahkan bisa bermanfaat buat orang lain itu akan lebih baik. Lakukan sesuatu yang Anda sukai dan membuat diri Anda bahagia sangat penting dalam merawat diri sendiri.

Jika Anda ingin berkonsultasi untuk perawatan diri atau self-care yang berhubungan dengan peningkatan kesehatan mental Anda, silahkan kirimkan pesan melalui form kontak di website ini, atau melalui email ke saya, bisa juga dengan whatsapp service ke admin untuk buat janji.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/k4138906/public_html/rullymujahid.com/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/k4138906/public_html/rullymujahid.com/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107